Pengertian,Cara Kerja, dan Kegunaan LED (Light Emmiting Diode)

Light Emitting Diode atau yang sering disingkat LED merupakan sebuah komponen elektromagnetik yang dapat memancarkan cahaya monokromatik melalui tegangan maju. LED terbuat dari bahan semi konduktor yang merupakan keluarga dioda. LED dapat memancarkan berbagai warna, tergantung dari bahan semikonduktor yang digunakan. LED juga dapat memancarkan cahaya inframerah yang tak tampat, seperti pada remote TV.

w
Bentuk dari LED sendiri mirip dengan lampu bohlam. Dengan bentuknya yang kecil, sehingga dapay dipasangkan dengan mudah ke berbagai perangkat elektronika. Tak seperti lampu pijar, LED tidak menimbulkan panas dalam mnghasilkan cahaya. Hal tersebut dikarenakan LED tidak memerlukan pembakaran filamen. Oleh karena itu LED saat ini banyak digunakan dalam perangkat elektronik, seperti sebagai lampu penerangan pada LCD TV.

Cara Kerja LED

Cara kerja dari LED hampir sama dengan keluarga dioda yang memiliki dua kutub, yaitu Kutub Positif (P) dan Kutub Negatif (N). LED hanya akan memancarkan cahaya apabila dialiri tegangan maju (bias foward) dari Anoda ke Katoda.
LED sendiri terdiri atas sebuah chip semikonduktor yang didopping, sehingga menciptakan junction antara kutub P dan kutub N. Proses dopping dalam semikonduktor adalah proses untuk menambahkan impurity / ketidakmampuan pada semikonduktr yang murni, sehingga dapat emnghasilkan karakteristik kelistrikan yang diinginkan.

KEGUNAAN LED DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


Dikarenakan teknologi LED yang dapat menghasilkan cahaya tanpa menimbulkan panas, sehingga banyak digunakan dalam berbagai perangkan elektronik. Terdapat juga kelebihan LED lainnya yaitu tahan lama, tidak mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, dan hemat listrik serta bentuknya yang kecil. LED sangat popular dalam bidang pencahayaan.

Terutama pada era digital saat ini, media advertising mulai menggunakan teknologi LED. Salah satunya yaitu Videotron atau Megatron. Bisa juga disebut LED Videotron merupakan sebuah media advertising digital yang dapat menyampaikan informasi (iklan) dengan tampilan yang berbeda dengan media advertising konvensional lainnya. Jangkauan pengelihatan yang dapat dijangkau oleh Videotron jauh lebih canggih dan menarik dengan tampilan yang lebar dan memiliki jarak pandang maupun sudut pandang yang cukup baik dari jarak 40 hingga 200 meter.
Saat ini kita bisa menemui beberapa Videotron terpampang di jalan-jalan utama kota besar, di Mall, Bandara,Rumah Sakit menggunakan Modul dengan 3 Type Pixel Pitch : 10 mm, 12.5 mm dan 16 mm. Dengan LED Full Color (RGB) modul-modul LED disusun menjadi satu kesatuan dalam 1 Kabinet. Dengan penggunaan Outdoor, Videotron mempunyai Visibility Range antara 15 – 270 meter. Brightness yang dihasilkan sangat tinggi sehingga mampu menampilkan gambar pada siang hari, karena Brightness atau kecerahannya bisa mencapai 10,000 Candela.

Menyalakan LED Menggunakan Arduino UNO

Alat dan Bahan
  • 1 Buah LED 5mm atau LED 3mm
  • 1 Buah Resistor 100Ω Ohm
  • 2 Buah Kabel Jumper
  • 1 Buah Protoboard
  • 1 Buah Arduino
Rangkaian Menyalakan LED Menggunakan Arduino UNO
Menyalakan LED Menggunakan Arduino UNO baruuu
Sketch Program
Dalam Sketch Program Menyalakan LED Menggunakan Arduino UNO ada beberapa cara Sketch Program untuk dapat menyalakan LED nya, berikut ini saya akan paparkan cara Menyalakan LED dengan Aktif HIGH.
Sketch Program Cara Pertama :
void setup()
{
   // menjadikan PIN 4 sebagai OUTPUT
   pinMode(4, OUTPUT);
}
void loop()
{
   // Menyalakan PIN 4 (HIGH = Memberi tegangan pada PIN 4)
   digitalWrite(4, HIGH);
}

Sketch Program Cara Kedua :

Int PinSaya = 4; // type data yang berfungsi sebagai penyimpan bilangan bulat
void setup()
{
   // menjadikan PIN 4 sebagai OUTPUT
   pinMode(PinSaya, OUTPUT);
}
void loop()
{
   // Menyalakan PIN 4 (HIGH = Memberi tegangan pada PIN 4)
   digitalWrite(PinSaya, HIGH);
}

Keterangan :
  • Fungsi void setup () dalam sebuah program arduino adalah semua perintah yang akan di baca sekali.
  • Fungsi void loop () dalam sebuah program arduino adalah semua perintah yang akan di baca berulang-ulang.
 Sumber :

http://www.iklanvideotron.com/2017/01/pengertian-cara-kerja-dan-kegunaan-light-emmiting-diode-led/?v=4a5e17551e76

https://www.warriornux.com/menyalakan-led-menggunakan-arduino-uno/



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arduino Uno

Pengertian dan Prinsip Kerja Motor Servo